Lapanta Juni 2015 - Diskusi Buku "Minoel" & "Bunga-Bunga Kesunyian" dan Buka Puasa Bersama | Goodreads Yogyakarta
Home » » Lapanta Juni 2015 - Diskusi Buku "Minoel" & "Bunga-Bunga Kesunyian" dan Buka Puasa Bersama

Lapanta Juni 2015 - Diskusi Buku "Minoel" & "Bunga-Bunga Kesunyian" dan Buka Puasa Bersama

Written By Desi Puspitasari on Saturday 27 June 2015 | 14:19

Lapanta Kopdar Goodreads Bulan Juni 2015 Diskusi Buku Minoel (Ken Terate) & Bunga-Bunga Kesunyian (Risda Nur Widia) 
Waktu : Jumat, 26 Juni 2015 
pukul 15.30-17.30 
Tempat : Rumah Ken Terate, Gedungkiwo 




Kopdar Goodreads bulan Juni 2015 bertepatan dengan bulan puasa maka sekalian diadakan acara buka bersama (bukber) di rumah Mbak Ken Terate di daerah Gedungkiwo. Buka puasa bareng diadakan dengan sistem potluck, Mbak Ken menyediakan nasi putih, air teh, air putih dan peralatan makan, Desi membawa sayur, Teguh membawa gorengan, Kurnia dan Mbak Endah yang batal hadir menitipkan keripik pisang dan sirup sebotol, teman lain ada yang membawa seperti kue dorayaki bikinan sendiri, saya sendiri membawa kue lapis pelangi. Hmm pokoknya makanan melimpah deh! 

Diskusi Minoel oleh Mbak Ken Terate, novel ini baru saja terbit bulan Mei 2015, fresh from the oven. Minoel adalah gadis yang berasal dari Gunungkidul, agak cacat dan terpaksa bekerja sebagai penyanyi dangdut. Ia bertemu Akang, cowok yang tidak tampan dan hanya memanfaatkannya. Akang meminta honornya sehabis manggung dan mulai kasar padanya. Minoel terombang-ambing antara perasaan cinta dan harus terus berkorban menerima perlakuan buruk si Akang. Novel ini sangat disarankan untuk dibaca para remaja yang sering terjebak dalam cinta yang menuntut pengorbanan yang seharusnya tak sepantasnya. Keren pokoknya! Silahkan beli langsung ke Mbak Ken, bonus bertandatangan seperti saya atau dapatkan di toko buku terdekat! 


Diskusi selanjutnya oleh Risda Nur Widia yang selalu dikira wanita karena namanya. Risda menceritakan tentang Kumcernya yang berjudul Bunga-Bunga Kesunyian, ada 15 cerpen yang beberapa sudah terbit di media. Ia mengatakan kumcer ini tercipta dari caranya menertawakan kehidupan dengan cara yang lain. Ia menulis sejak SMP tapi baru serius tahun 2007. Ia bisa menulis satu cerpen selama 6 jam tapi mencari info atau pengendapannya bisa 6 bulan. Menarik kan! Silahkan pesan langsung ke Risda Kumcer Bunga-Bunga Kesunyian. 



Desi, koorwil Goodreads wilayah Jogja membagikan tips supaya dimuat di media yaitu sekitar tiga bulan meneliti seperti apa cerpen yang biasa dimuat karena masing-masing majalah atau koran punya ciri khas dan perhatikan ketentuannya misalnya berapa halamannya. 

Setelah diskusi, acara selanjutnya bermain Games! Teguh Affandi meminta semua untuk duduk melingkar dan merentangkan tangan. Tangan kanan di atas tangan kiri teman, tangan kiri di bawah tangan kanan teman. Teguh membacakan cerita, jika ada kata “kucing” maka harus menepuk tangan teman. Kalau kena tepuk maka harus menyingkir. Games berlangsung seru dan penuh tawa. Akhirnya tersisa tiga orang dan pemenangnya adalah Dira, hadiahnya bolpen cantik! 


Selanjutnya acara buka bersama! Makan dan masih sambil ngobrol seru banget! Acara menyenangkan dan penuh semangat sampai lewat dari batas dua jam, bahkan sampai malam sekali. Tempat yang asik di kebun, teman yang menyenangkan, buku, makanan dan minuman tentu membuat betah. Selesai makan sampai kenyang, saatnya swap buku! Buku-buku yang mau diswap diletakkan di tengah ruangan, Teguh menyetel lagu dance lalu bukunya diputar dari teman ke teman, kalau ia menghitung dan bilang stop maka buku itu berada di tangan pemilik baru. 

Tak terasa sudah jam delapan lebih, saya dan Desi membantu tuan rumah membersihkan peralatan makan karena Mbak Ken sudah berbaik hati menyediakan tempat dan makanan. Cuci piring, sendok dan gelas selesai, ruangan juga sudah disapu dan tikar kembali dilipat, saatnya pulang dan dibawain makanan yang masih tersisa. Asik kan! 

Ah ya anggota Goodreads Jogja banyak yang baru loh! Ada yang tahu tentang kopdar Goodreads dari teman, dari twitter maupun facebook. Saat saya datang sudah ada beberapa orang, Mbak Ken tentunya, Desi, Teguh, Risda, Vika, Ochi, Dira, Retno, Adam dan masih beberapa teman lain yang sayangnya saya lupa namanya. Hmm kira-kira ada 17 peserta Kopdar Goodreads kali ini. 

Lain kali pasti saya bikin lembar absensi deh! Ehehe... Atau bagi teman yang ada di foto dan belum disebutkan namanya silahkan komen di bawah foto tersebut. Kopdar bulan Juli ditiadakan karena semua pasti sibuk libur Lebaran jadi sampai ketemu lagi di Kopdar Goodreads bulan Agustus 2015!

0 comments :

Post a Comment

ARSIP